Hamdani, Muhammad (2023) PENGARUH SPORT EDUCATION MODEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS GERAK SISWA PADA PJOK DI SMP ISLAM CAHAYA INSANI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Muhammad Hamdani 18230183.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Hasil motivasi belajar dan intensitas gerak siswa pada PJOK di SMP
Islam Cahaya Insani Semarang menjadi indikator penyebab terjadinya
dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang terjadi hanya
berpusat pada guru, dimana siswa hanya diberikan penjelaskan materi dan
beberapa peragaan saja, sehingga siswa kurang tertarik dengan metode
pengajaran dan pengembangan materi seperti penjelasan detail teknik.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui apakah terdapat perbedaan
hasil belajar model pembelajaran Sport Education Model dan model
pembelajaran pada umumnya. Penelitian ini termasuk kedalam kuantitatif
dengan metode quasi-experimental design. Penelitian ini menggunakan
nonequivalent group design dengan penentuan sampel teknik probability
sampling dengan tipe simple random sampling.
Berdasarkan hasil analisis data, setelah mendapat perlakuan
menunjukkan bahwa: Nilai rata-rata siswa kelas VII yang menggunakan
sport education model memiliki nilai pretest 77.00 dan posttest 91.500.
Dari nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,5%. Sedangkan yang
tidak menggunakan sport education model memiliki nilai pretest sebesar
89.00 dan nilai posttest sebesar 91.00 sehingga hanya mengalami kenaikan
sebesar 2%. Dengan hal inilah dengan menggunakan sport education model
siswa lebih dapat meningkatkan nilai-nilainya.
Kata kunci
: Sport Education Model, Motivasi Belajar, Intensitas Gerak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 07:41 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 07:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2261 |