Kornila, Idzah (2023) ANALISA KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI BUKU BERGAMBAR DAMPAK BERAKHIRNYA PANDEMI COVID-19 KELAS I SDN NINGGIL BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IDZAH KORNILA 18150017.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
IDZAH KORNILA. NPM 18150017 “ANALISA KEMAMPUAN
MEMBACA ANAK MELALUI BUKU BERGAMBAR DAMPAK
BERAKHIRNYA PANDEMI COVID-19 KELAS I SDN NINGGIL BLORA”
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas pgri Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh
Munawar, S.Pi, M.Pd, Dosen Pembimbing II Ibu Dwi Prasetiyawati D.H,
S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Analisa
Kemampuan Membaca Anak Melalui Buku Bergambar Dampak Berakhirnya
Pandemi Covid-19 Kelas I SDN Nginggil Blora” pada siswa anak kelas 1. Hal
tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah : Analisa Kemampuan
Membaca Anak Melalui Buku Bergambar Dampak Berakhirnya Pandemi Covid�19 Kelas I SDN Nginggil Blora”. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran yang lebih mendalam
mengenai kemampuan membaca anak melalui buku gambar dampak berakhirnya
pandemi Covid-19 kelas 1 SDN Nginggil Blora.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dalam
bentuk kata – kata , gambar , bukan angka – angka menurut Bogdan dan Taylor.
Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif
berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dari pelaku yang diamati
sebagaimana yang dikutip oleh Lexy J. Meleong.
Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditunjukan untuk
mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik
fenomena alamiah maupun rekayasa manusia. Populasi yang digunakan adalah
seluruh sampel kelas 1 tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data
berdasarkan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Dapat disimpulkan dari siswa kelas I SDN
Ninggil Blora yang berjumlah tujuh siswa. Terdapat dua siswa yang masih sangat
kurang dalam kemampuan membaca yaitu Ali dan Yoga. Tiga siswa yaitu Mira,
Ranti dan Daffa sudah dapat membaca namun masih belajar untuk melancarkan
kemampuan membaca agar tidak perlu meng-eja lagi dan dapat membedakan
huruf-huruf. Selanjutnya dua siswa lainnya yaitu Bidadari dan Sahwa sudah dapat
membaca dengan baik dan lancar, mereka sudah dapat mengenal tanda-tanda
bacaan dan dapat membaca secara bebas bacaan-bacaan pada buku atau lainnya.
Kata kunci : Kemampuan Membaca, Buku Bergambar dan Anak Kelas 1
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 07:22 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 07:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2254 |