KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN MRANGGEN 2

Gunawan, Hendra (2023) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN MRANGGEN 2. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HENDRA GUNAWAN 18120085.pdf] Text
HENDRA GUNAWAN 18120085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

HENDRA GUNAWAN. NPM 18120085. “Keefektifan model Discovery Learning terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar rendah atau di bawah
rata-rata pada siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh
Kurang aktif dan kurang antusiasnya siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran
yang digunakan juga kurang bervariasi. Penggunaan model pembelajaran konvensional yang
tidak sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga siswa sangat pasif dan pembelajaran
bersifat monoton. Dalam pembelajaran juga belum menggunakan media pembelajaran yang
efektif untuk menarik perhatian siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan Model Discovery
Learning terhadap hasil belajar IPA pada materi jenis-jenis gaya kelas IV SDN Mranggen 2.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Discovery Learning terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh
kelas IV C SD Negeri Mranggen 2. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan analisis akhir data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2. Dengan
rata-rata nilai 81,20 dan uji t diperoleh 2,869 sehingga keefektifan siswa terhadap hasil belajar
sebesar 85%. Dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning efektif terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2.
Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan dengan melalui model Discovery
Learning dapat mendorong munculnya inovasi dan kreativitas guru dalam proses
pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:36
Last Modified: 31 Jan 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item
View Item