ANALISIS MUATAN 4C (CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION) DALAM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS

AJI, PRIYO KARTIKO (2023) ANALISIS MUATAN 4C (CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION) DALAM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PRIYO KARTIKO AJI 17120134.pdf] Text
PRIYO KARTIKO AJI 17120134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PRIYO KARTIKO AJI. NPM 17120134. “ Analisis Muatan 4c (Creativity,
Critical Thinking, Communication, Collaboration) Dalam Game Online Mobile
Legends ”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Iin Purnamasari,
S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Prasena Arisyanto, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan teknologi yang canggih
menghadirkan suatu permainan dalam suatu jaringan internet (game online). Dan
saat ini game online sudah memasuki pada dunia anak, hal tersebut dapat dilihat
dari maraknya siswa sekolah dasar yang menggunakan game online. Kegiatan
bermain Game online tentunya memberikan suatu dampak tersendiri bagi
penggunanya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah muatan “4C”
dalam game online mobil legends?, 2) Bagaimanakah pola muatan “4C” dalam
game online mobile legends yang menunjukan nilai-nilai belajar pada anak?
Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Data penelitian ini
diperoleh melalui subyek penelitian yang terdiri dari guru, siswa, dan orang tua.
Kemudian dianalisa dan diolah sehingga didapatkan kesimpulan dari
permasalahan yang dicari.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa SD
diKampung Widuri mengalami kecenderungan untuk bermain game online mobile
legends dengan perolehan Dari 13 responden diperoleh 30% atau 3 siswa pernah
tidur larut malam karena bermain game online mobile legends. Ketika bermain
game online mobile legends 40% atau 4 siswa menunjukkan perilaku merasa
mudah marah apabila tidak bermain game online mobile legends, 90% atau 10
siswa pernah meminta uang keperluan game online mobile legends dengan alasan
lain. Siswa juga menunjukkan bahwa 75% atau 8 siswa mengabaikan kegiatan
penting lainnya ketika bermain game online mobile legends, 75% atau 8 siswa
pernah menyatakan bertengkar karena game online mobile legends. Dalam
bermain game online terdapat dampak muatan 4C terhadap siswa SD diKampung
Widuri. Muatan “4C” dalam game online mobile legends terdiri dari Critical
Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication. Critical Thinking ini
diwujudkan dalam menyusun strategi memenangkan permainan. Biasanya hal ini
dilakukan diawal ketika akan bermain game online mobile legends. Kemudian
Creativity tercermin pada kemampuan anak berpikir terbuka dalam menghadapi
serangan tim lawan. Hal ini tercermin dalam menerima segala masukan dan ide�ide yang mengakibatkan anak memiliki kreativitas dalam berfikir. Collaboration
diwujudkan dalam anak bekerjasama membagi tugas, menyusun strategi dalam
tim. Supaya strategi yang direncanakan berjalan secara lancar ketika bermain
game online mobile legends. Tahap terakhir Communication yaitu mendiskusikan
strategi, ide, mengatur pola permainan, mengatur serangan, dan bertahan dalam
permainan. Dimana ketika bermain game online mobile legends kemampuan
berkomunikasi itu sangat diperlukan supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam
permainan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:39
Last Modified: 29 Jan 2024 04:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item
View Item