Yulianto, Feri (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL IPA SD BERBASIS STEM PADA MATERI EKOSISTEM SISWA FASE C. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FERI YULIANTO 19120241.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
FERI YULIANTO. NPM 19120241. “Pengembangan Instrumen Soal IPA SD
Berbasis STEM pada Materi Ekosistem Siswa Fase C”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Dr. Siti Patonah, M.Pd. Dosen
Pembimbing II: Sukamto, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya pengembangan
instrumen soal awal IPA SD berbasis STEM yang dapat melatih keterampilan
berpikir kritis pada siswa Sekolah Dasar pada materi ekosistem. Hal tersebut
dikarenakan biasanya instrumen soal IPA berbasis STEM dikembangkan untuk
tingkat SMP/SMA, masih jarang yang mengembangkan pada tingkat Sekolah
Dasar. Materi ekosistem pada kelas V juga termasuk dianggap sulit bagi peserta
didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik
pengembangan instrumen soal IPA SD berbasis STEM pada materi ekosistem fase
C yang dikembangkan?. 2) Apakah pengembangan instrumen soal IPA SD
berbasis STEM pada materi ekositem siswa fase C memenuhi kriteria soal yang
berkulalitas?. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk
mengetahui karakteristik pengembangan instrumen soal IPA SD berbasis STEM
pada materi ekosistem fase C dan mengetahui kualitas pengembangan instrumen
soal IPA SD berbasis STEM pada materi ekosistem siswa fase C.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE oleh Dick And
Carry yang meliputi (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V dan kelas VI yang telah menerima materi IPA
tentang ekosistem. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan
dokumentasi, observasi, angket, dan hasil analisi uji coba.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 14 butir soal yang sudah memenuhi
kriteria valid dengan nilai Indeks Aiken 0,78 s.d 0,82 (sedang s.d. tinggi). Dari
hasil analisis RASCH Model diperoleh hasil soal yang dikembangkan memiliki
tingkat reliabilitas tinggi dengan nilai Alpha Cronbach 0,70 (tinggi). Diperoleh
nilai person reliability 0,27 sedangkan nilai item reliability 0,69, hal tersebut
menunjukkan bahwa tingkat konsistensi jawaban dari kelompok subjek lemah.
soal yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria fit dengan rentang 0,67 s.d.
1,26. Dari hasil analisis nilai Outfit Z-standard (ZSTD) yang diterima -2,0 <
ZSTD < +2,0. Terdapat satu butir soal yang nilainya di bawah standar karena hasil
outfit ZSTD menunjukkan rentang (-2,2) s.d. (+1,8). Walaupun demikian jika
dilihat kembali, dari hasil reliabilitas Alpha Cronbach nilainya sudah tinggi,
sehingga 14 butir soal yang dikembangkan dapat dikatakan berkualitas.
Kata kunci: Soal IPA SD, STEM, ekosistem, siswa fase C.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:22 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 04:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2195 |