PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CHATBOT WHATSAPP PADA PEMBEL AJARAN IPA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

SUDARTO, MUTIARA TIFANI ROSSITA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CHATBOT WHATSAPP PADA PEMBEL AJARAN IPA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUTIARA TIFANI ROSSITA SUDARTO 18120305.pdf] Text
MUTIARA TIFANI ROSSITA SUDARTO 18120305.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Mutiara Tifani R S. NPM 18120305. “Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Chatbot Whatsapp Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa
Kelas 5 Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Jatibarang 03 Mijen
Semarang, peneliti mendapatkan informasi mengenai kebutuhan bahan ajar pembelajaran
yang hanya mengacu pada modul ajar belum pada peserta didik, metode pengajaran yang
digunakan guru masih satu arah, dan kurangnya kemampuan siswa dalam dalam
menganalisis pembelajaran. Permasalahan tersebut terjadi akibat dari kebiasaan siswa
yamg belajar menggunakan gadged pada saat masa pandemic lalu. Dengan kebiasaan
tersebut guru menjadi kesulitan untuk menemukan media pembelajaran yang tepat pada
saat pembelajaran yang sudah mulai dilaksanakan secara luring(luar jaringan).
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana validitas media
pembelajaran berbasis Chatbot Whatsapp pada mata pelajaran IPA materi Suhu dan
Kalor?, 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis Chatbot Whatsapp yang
dikembangkan pada mata pelajaran IPA materi Suhu dan Kalor?, 3) Apakah media
pembelajaran berbasis Chatbot Whatsapp praktis digunakan pada mata pelajaran
IPA materi Suhu dan Kalor?
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, kelayakan, dan kepraktisan
pengembangan media pembelajaran berbasis Chatbot Whatsapp pada pembelajaran IPA
materi Suhu dan Kalor untuk siswa kelas V Sekolah Dasar.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development ( R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation,
Evaluation) di lakukan di SDN Jatibarang 03 Mijen Semarang. Populasi penelitian adalah
siswa kelas V SDN Jatibarang 03 Mijen Semarang tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang
diambil adalah 27 siswa kelas V SDN Jatibarang 03 Mijen Semarang. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara kepada guru kelas V SDN Jatibarang 03
Mijen Semarang, lembar validasi dari ahli materi dan ahli media, lembar respon siswa,
lembar respon guru, dan dokumentasi.
Hasil penelitian kevalidan. Hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi
materi adalah 97% dengan kriteria “sangat layak” dan hasil persentase nilai yang
diperoleh dari validasi media adalah dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket respon
siswa kelas V SDN Jatibarang 03 Mijen Semarang mendapatkan persentase nilai sebesar
94,44% dengan kriteria “sangat layak” dan angket respon guru kelas V SDN Jatibarang
03 Mijen Semarang mendapat persentase nilai sebesar 100% dengan kriteria “sangat
layak”. Sehingga dapat disimpulkan jika media pembelajaran berbasis Chatbot Whatsapp
pada pembelajaran IPA materi Suhu dan Kalor untuk kelas V Sekolah Dasar valid dan
layak digunakan di kelas V Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
media pembelajaran Chatbot Whatsapp dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam menyampaikan pembelajaran yang dapat diakses dimana saja oleh siswa,
selain itu dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Chatbot Whatsapp, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:23
Last Modified: 29 Jan 2024 04:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item
View Item