KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 TUNGGAK KABUPATEN GROBOGAN

Ariliyana, Fera (2023) KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 TUNGGAK KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FERA ARILIYANA 18120148.pdf] Text
FERA ARILIYANA 18120148.pdf

Download (6MB)

Abstract

FERA ARILIYANA. NPM 18120148. “Keefektifan Model Talking Stick
Berbantu Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 03
Tunggak Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.2022.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang belum
efektif sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan media yang digunakan
belum optimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah keefektifan
model talking stick berbantu video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas
V SD Negeri 03 Tunggak Kabupaten Grobogan? Sedangkan tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui keefektifan model talking stick berbantu video
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Tunggak
Kabupaten Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain Pre�Experimental Design dalam bentuk tipe one-Group Prestest – Posttest Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 03 Tunggak
Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah
seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa, dengan menggunakan Teknik
NonProbability Sampling berbentuk Sampling jenuh. Pengumpulan data melalui
wawancara, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan
posttest. Hasil nilai rata-rata pretest 51,8 dan hasil nilai rata-rata posttest 79,8. Hal
ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analisis uji t yaitu thitung sebesar
8,7103 dan ttabel sebesar 2,064 dengan taraf 5% sehingga nilai thitung>ttabel yaitu
8,7103 > 2,064 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model talking stick berbantu video
pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Tunggak
Kabupaten Grobogan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model talking stick berbantu video pembelajaran dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:19
Last Modified: 29 Jan 2024 04:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item
View Item