ABSHOR, M. ULIL (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK PASSING BOLA BASKET MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI IPS 1 SMA N 1 CEPIRING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
M. Ulil Abshor 18230128.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian
tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif
model student teams achievment division (STAD) mampu meningkatkan
keterampilan teknik passing bola basket di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Cepiring.
Peningkatan ketuntasan hasil belajar. Data hasil penelitian prosentase dan
kondisi hasil pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu hasil pra siklus nilai
keterampilan passing bola basket dari 20% meningkat menjadi 48%, dan
meningkat lagi 84% pada siklus II.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran
kooperatif model Student Teams Achievment Division mampu meningkatkan
keterampilan teknik passing bola basket siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1
Cepiring. Hal ini sesuai dengan peningkatan yang terdapat dalam aspek bahwa:
(1) terjadi peningkatan hasil keterampilan teknik passing bola basket siswa kelas
XI IPS 1 SMA N 1 Cepiring dari pra siklus, siklus I dan siklus II setelah diberi
perlakuan. Hal ini berdasarkan data hasil penelitian yaitu pra siklus 20% siswa
yang tuntas, siklus I 48% siswa yang tuntas dan siklus II 84% siswa yang tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diajukan adalah
Pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievment Division bisa
menjadi acuan untuk pembelajaran materi passing bola basket maupun lainnya
disekolah.
Kata kunci: Meningkatkan Keterampilan, STAD, Bola Baket
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 03:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 03:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2163 |