PELAKSANAAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI SD

MARGARETA, LIA (2023) PELAKSANAAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LIA MARGARETA 15120034.pdf] Text
LIA MARGARETA 15120034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanaan
integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik. Hal tersebut
disebabkan karena dalam Pendidikan ada proses pembelajaran yang berguna
untuk pengembangan diri, dimana embelajaran tematik berkaitan dengan
pengalaman sehari-hari yang terdapat Pendidikan karakter di dalamnya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan
integrasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik kelas VI?, 2)
Bagaimana pelaksanaan integrasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran
tematik kelas VI?, 3) Bagaimana evaluasi integrasi Pendidikan karakter dalam
pembelajaran tematik kelas VI? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi integrasi
Pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik kelas VI SDN Pedurungan Kidul
03 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus.
Populasi penelitian adalah siswa kelas kelas VI SD Pedurungan Kidul 03
Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan integrasi pendidikan karakter
dalam pembelajaran tematik mempunyai komponen-komponen seperti: Adanya
tujuan yang harus dicapai, adanya strategi untuk mencapai tujuan, sumber daya
yang dapat mendukung, implementasi setiap keputusan. Pelaksanaan integrasi
pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik menggunakan model Project
Based Learning yaitu Guru memunculkan masalah dan menyampaikan tujuan
pembelajaran serta topik materi, menjelaskan materi, membagi siswa dalam
kelompok,
memberikan
permasalahan
kepada
siswa,
membimbing
siswa/kelompok menemukan pemecahan masalah, membimbing siswa dalam
penyajian hasil kerja kelompok, memberikan evaluasi hasil penyelidikan,
membimbing siswa membuat rangkuman. Dalam melakukan evaluasi
pembelajaran, guru melihat apa saja hal yang belum dan yang sudah dicapai oleh
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
mengembangkan potensi diri serta lebih aktif mencari referensi untuk siswa dalam
integrasi Pendidikan karakter dalam materi sesuai tema yang diajarkan.
Kata kunci : Pendidikan karakter, pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:41
Last Modified: 29 Jan 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item
View Item