ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD ISLAM NURUL QURAN KUDU GENUK SEMARANG

FATIMAH, LILIS (2023) ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD ISLAM NURUL QURAN KUDU GENUK SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LILIS FATIMAH 19120404.pdf] Text
LILIS FATIMAH 19120404.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnyna hasil belajar siswa
kelas V SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk Semarang. Hal tersebut disebabkan
terhadap peran orang tua.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana peran orang tua terhadap hasil
belajar kelas V di SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk Semarang. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisi peran orang tua
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Islam Nurul Quran Kudu
Genuk Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini berasal dari guru, orang tua, dan siswa kelas V SD Islam Nurul
Quran Kudu Genuk Semarang. Teknik pengumpulan data ini dengan cara
observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua
dalam meningktan hasil belajar kelas IV SD Islam Nurul Quran Kudu Genuk
Semarang diantaranya: (1) Orang tua sebagai fasilitator anak, (2) Orang tua
sebagai motivator. Disimpulkan bahwa Peran orang tua sangat besar dan sangat
berpengaruh dalam membina, mendidik, memotivasi, dan membesarkan anak
hingga menjadi sukses. Dengan pemberian perhatian, pendampingan ketika
belajar, pemberian hadiah, dan pemberian penghargaan dapat mempengaruhi hasil
belajar anak sehingga peran orang tua sebagai fasilitator anak menyediakan semua
kebutuhan demi menunjang kenyamanan dan proses belajar anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
orang tua lebih berperan penting dalam membimbing belajar secara maksimal,
terutama dalam meningkatkan hasil belajar. Orang tua dapat menyediakan fasilitas
penuh, menyediakan waktu untuk mendampingi belajar, dan memberikan
semangat serta motivasi kepada anak supaya siswa kelas V SD Islam Nurul Quran
Kudu Genuk Semarang hasil belajarnya maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:45
Last Modified: 04 Jan 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item