PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PART PRACTICE DAN WHOLE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PESERTA DIDIK MA Al-WATHONIYAH

Hidayat, Erwin (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PART PRACTICE DAN WHOLE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PESERTA DIDIK MA Al-WATHONIYAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERWIN HIDAYAT 16230094.pdf] Text
ERWIN HIDAYAT 16230094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Erwin Hidayat. : “Pengaruh Metode Pembelajaran Part Practice Dan Whole
Practice Terhadap Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli Peserta Didik Ma Al
Wathoniyyah”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kesulitan dalam melakukan pasing
bawah, karena siswa tidak memahami bagaimana cara melakukannya, bagaimana
perkenaan bola dan ayunan serta posisi kaki dan tangan saat melakukan pasing
bawah, hal itulah yang mendasari peneliti melakukan observasi sehingga hasil
tersebut menunjukan bahwa pasing bawah memiliki tingkat kesulitan tinggi dan
beragam bagi peserta didik kelas X MA Al-Wathoniyyah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif
dengan jenis model penelitian Quasi Eksperimen. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas X.A dan X.B MA Al-Wathoniyyah menggunakan teknik sampel
Purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan uji indepanden
sample-t-test dengan taraf signifikan 5%.
Hasil Penelitian dari 25 siswa kelas X.A (part practice) dan 25 siswa kelas X.B
(whole practice) diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar pasing bawah
melalui penerapan model pembelajaran part practice dan whole practice.
Kenaikan kelas part practice sebesar 19%. Kenaikan Kelas whole practice sebesar
17%.
Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode
pembelajaran part practice dan whole practice hal ini dikarenakan adanya
kenaikan hasil belajar siswa. Namun pada uji independen sampel t-test
menyatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran part practice dan whole
practice sama-sama dapat meningkatkan hasil pembelajaran pasing bawah bola
voli peserta didik kelas X MA Al Wathoniyyah.
Kata Kunci: pembelajaran, hasil belajar, bola voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:19
Last Modified: 29 Jan 2024 03:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item
View Item