Laksono, Eris Budi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ERIS BUDI LAKSONO 18120252.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ERIS BUDI LAKSONO, NPM 18120252. “Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Powerpoint Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Alat Pernapasan Manusia Kelas 5
Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Sukamto, S.Pd., M.Pd. dan Duwi Nuvitalia,
S.Pd., M.Pd. 2023.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas V
didapatkan permasalahan yaitu guru merasa kesulitan membuat media pembelajaran yang
menarik bagi anak. Selama ini dalam proses pembelajaran, siswa belum bisa menangkap
materi dengan jelas, hal tersebut disebabkan kurangnya sumber belajar dan media yang
relevan, sehingga materi yang diterima siswa masih bersifat abstrak.
Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana
karakteristik media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA materi alat
pernapasan manusia Kelas V SDN 01 Siremeng? (2) Apakah pengembangan media
pembelajaran interaktif powerpoint pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan
manusia dapat memenuhi kriteria valid? (3) Apakah media pembelajaran interaktif
powerpoint pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia yang dikembangkan
dapat memenuhi kriteria praktis? (4) Apakah pembelajaran interaktif powerpoint pada
mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia yang dikembangkan memenuhi
kriteria efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Media pada penelitian pengembangan ini
harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media, ahli materi, angket tanggapan
guru, dan angket tanggapan siswa agar memperkuat validasi media. Hasil pengembangan
berupa media interaktif video animasi pembelajaran berbantu powerpoint. Media
interaktif powerpoint dinyatakan valid yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli
media pembelajaran sebesar 94%, validasi ahli materi sebesar 94%.
Media pembelajaran interaktif powerpoint juga dinyatakan praktis dengan
dibuktikan dengan hasil respon guru sebesar 90% dan hasil respon siswa sebesar 100%.
Tingkat keefektifan media terhadap hasil belajar peserta didik kelas V menunjukkan
adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test.
Berdasarkan hasil pre-test memperoleh nilai sebesar 64,33 dan nilai rata-rata post-test
87,06. Hal ini dapat disimpulkan media yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil
belajar dan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan “sangat layak” untuk dapat
digunakan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang dapat disampaikan
adalah media pembelajaran interaktif berbantu powerpoint pada mata pelajaran IPA
materi alat pernapasan manusia kelas V dapat digunakan guru dan siswa sebagai salah
satu media pembelajaran disekolah dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut . hal ini
bertujuan untuk menghasilkan media yang lebih berkualitas dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 03:09 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 03:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2125 |