KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD N BRONDONG KABUPATEN PEKALONGAN

ANANDA, AMALIA NUR (2023) KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD N BRONDONG KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AMALIA NUR ANANDA 18120094.pdf] Text
AMALIA NUR ANANDA 18120094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

AMALIA NUR ANANDA. NPM 18120094. Skripsi. November 2022.
“Keefektifan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa
Kelas IV SD N Brondong Kabupaten Pekalongan”. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Choirul Huda, M.Si., M.Pd., dan Pembimbing II Prasena
Arisyanto, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah-masalah yang dihadapi
dalam mata pelajaran IPA, yaitu siswa masih aktif sendiri ketika pembelajaran
berlangsung, guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi,
rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA, Tujuan dari penelitian ini guna
mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar
IPA Siswa kelas IV SD N Brondong Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan disain Pre-Experimental
Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas IV SD N Brondong berjumlah 12 siswa. Dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
berupa wawancara,observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis Pretest diperoleh hasil ketuntasan belajar 7 siswa yang tidak
tuntas dengan persentase 50% sedangkan ada 6 siswa yang tuntas 50%. Hasil
Postest dengan menerapkan metode inkuiri diperoleh hasil ketuntasan belajar 12
siswa yang tuntas dengan persentase 100% atau tuntas semua. Hal ini menunjukan
adanya perbedaan ketuntasan belajar antara Pretest dan posttest. Hal ini terbukti
pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui thitung > ttabel, yaitu 9,1338
> 1,795 pada taraf signifikan 5%, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran
inukiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N
Brondong Kabupaten Pekalongan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penulis menyampaikan saran
agar metode inkuiri dapat dijadikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran guna
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Analisis,Pembelajaran IPA,Metode Inkuiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:04
Last Modified: 29 Jan 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item
View Item