KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 1

Astriani, Erica Nurhidayah (2023) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 1. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERICA NURHIDAYAH ASTRIANI 19120332.pdf] Text
ERICA NURHIDAYAH ASTRIANI 19120332.pdf

Download (3MB)

Abstract

Erica Nurhidayah Astriani. NPM 19120332. “Keefektifan Bahan Ajar Berbasis
STEAM Untuk Meningkatkan Life Skill Siswa SD Negeri Rejosari 1 Semarang
Tahun 2022/2023. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah keefektifan bahan
ajar berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa SD Negeri Rejosari 1
dalam proses pembelajaran guru belum melakukan inovasi dalam
mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan siswa yang dapat
meningkatkan potensi life skill baik generic life skill maupun specific life skill
hanya berpedoman pada penggunaan buku guru dan buku siswa sehingga
pembelajaran di kelas terkesan monoton serta kurangnya keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keefektifan bahan ajar berbasis STEAM terhadap life skill siswa SD Negeri
Rejosari 1.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Dalam bentuk pre
eksperimental design dengan jenis nonequivalent pretest and posttest control
group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A-D SD Negeri
Rejosari 1. Sampel yang diambil adalah 51 siswa yaitu kelas eksperimen (IV B)
26 siswa dan kelas kontrol (IV C) 25 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil Paired sample t-test hasil life skill kelas eksperimen dan
hasil life skill kelas kontrol didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar ,000 lebih kecil
dari 0,05 yang artinya ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
terhadap life skill siswa. Sedangkan uji mann whiteny hasil life skill kelas
eksperimen dan hasil life skill kelas kontrol didapatkan nilai asymp sig (2-tailed)
sebesar ,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan rata-rata dari hasil nilai life skill siswa kelas eksperimen berbasis
STEAM dengan kelas kontrol. Sehingga karena adanya perbedaan yang signifikan
maka dapat dikatakan bahwa ada keefektifan penggunaan bahan ajar berbasis
STEAM terhadap life skill siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan bahan ajar berbasis
STEAM dapat memberikan pengalaman kepada siswa terhadap kecakapan hidup
yang dimiliki siswa diantaranya kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan
akademik, dan kecakapan vokasi serta dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:01
Last Modified: 29 Jan 2024 03:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item
View Item