ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP NILAI MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 3 KETILENG KABUPATEN BLORA

HIKMAH, LAELI MUALINDA (2023) ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP NILAI MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 3 KETILENG KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Laeli Mualinda Hikmah 18120071.pdf] Text
Laeli Mualinda Hikmah 18120071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Konteks penelitian ini berdasarkan rendahnya moral anak akibat
perkembangan teknologi yang semakin maju dan berkembang, yang telah
memberikan pengaruh yang signifikan pada berbagai aspek tanpa terkecuali dalam
bidang pendidikan. Sehingga menimbulkan perubahan sifat atau moral anak yang
dipengaruhi oleh media sosial Tiktok. Fokus penelitian yang mendorong penelitian
ini adalah “Bagaimana Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Nilai Moral Pada
Anak Sekolah Dasar di SDN 3 Ketileng Kabupaten Blora?”. Tujuan dari
penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak media sosial Tiktok terhadap nilai
moral pada anak sekolah dasar di SD Negeri 3 Ketileng. Penelitian ini dilakukan
kepada siswa-siswi di SD Negeri 3 Ketileng.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian
adalah siswa SDN 3 Ketileng setiap kelas diambil 5 siswa dan kelas V sebanyak
14 siswa, guru kelas dan orang tua. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data
dengan cara triangulasi teknik. Tahapan penelitian menggunakan tahapan pra
penelitian, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan kesimpulan. Berdasarkan
analisis data dalam penelitian ini, maka ditemukan bahwa terdapat dampak
bermain media sosial Tiktok terhadap nilai moral siswa sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media sosial Tiktok
memiliki dampak bagi moral siswa yaitu nilai moral kejujuran positifnya siswa
tidak pernah berbohong saat meminta uang dan tidak pernah berbohong tentang
waktu, nilai moral sikap hormat positifnya siswa masih memperhatikan guru saat
menerangkan pelajaran dikelas, siswa juga mendengarkan ketika diajak teman
sedang berbicara, teman menjadi lebih banyak, lebih mengetahui teknologi yang
mengakibatkan siswa menjadi kreatif, tetapi negatifnya siswa menjadi sering
berbicara kasar, emosionalnya kurang stabil, membantah orang tua, nilai moral
tanggung jawab mengakibatkan dampak negatif bagi siswa saat dirumah seperti
sering melalaikan PR, melupakan waktu beribadah, nilai moral disiplin diri
mengakibatkan dampak negatif seperti sering menunda-menunda tugas dan
kewajibannya, nilai moral keadilan dampak negatifnya siswa tidak pernah
membagi waktu antara bermain Tiktok dengan bersosialisasi dengan teman atau
saudara, nilai moral peduli sesama positinya menyambungkan hubungan teman
yang jauh, memperluas jaringan pertemanan untuk negatifnya seperti kurang
peduli dengan saudara, teman maupun lingkungan sekitar, selanjutnya nilai moral
kerjasama positifnya siswa bisa saling bekerjasama membuat video kreatifitas
yang berisi ucapan terima kasih guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:42
Last Modified: 29 Jan 2024 02:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item
View Item