Kurniawati, Dyah Citra (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 1 SD ISLAM NURUL QOMAR SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DYAH CITRA KURNIAWATI 20126013.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
DYAH CITRA KURNIAWATI. NPM 20126013. “Penerapan Media
Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa
Kelas 1 SD Islam Nurul Qomar Semarang “ Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen pembimbing I Muhammad Arief
Budiman, S.S.M.Hum dan dosen pembimbing II Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat anak
– anak kelas 1 SD Islam Nurul Qomar dalam kegiatan membaca, baik itu buku
pelajaran maupun buku bacaan yang ada disekolah maupun dirumah sehingga
mengakibatkan pemahaman anak dalam mengetahui isi bacaan rendah karena
rendahnya minat membaca pada anak – anak yang mereka cenderung menyukai
kegiatan lain seperti bermain game online atau kegiatan yang dan tujuan
pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) kurangnya minat anak – anak
kelas 1 SD Nurul Qomar dalam membaca baik itu buku bacaan yang ada dikelas
atau buku pelajaran yang diajarkan saat kegitan belajar mengajar, 2 ) rendahnya
kemampuan anak dalam membaca permulaan serta pemahaman anak dalam
mengetahui isi bacaan dari buku yang mereka baca. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media ajar berupa buku
gambar bercerita untuk meningkatkan minat baca anak kelas 1 Sekolah Dasar serta
mengetahui minat anak membaca buku cerita bergambar pada anak kelas 1 Sekolah
dasar di SD Islam Nurul Qomar.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode observasi
dan pengamatan siswa saat pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini
adalah anak - anak kelas 1C SD Islam Nurul Qomar, Guru kelas 1, Kepala Sekolah
SD islam Nurul Qomar serta wali siswa kelas 1. Penulis berperan sebagai
pewawancara langsung untuk mencari data melalui anak – anak kelas 1, Guru kelas
1, Kepala Sekolah serta walisiswa kelas 1.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengajar menggunakan buku
cerita bergambar guna menambah pemahaman anak dalam mengetahui isi bacaan
yang mereka baca dan menumbuhkan minat baca anak – anak agar mereka lebih
tertarik dengan buku yang mereka baca, pihak sekolah sebagai fasilitator penyedia
buku bacaan juga menyediakan buku – buku bacaan sesuai dengan jenjang
pendidikan yaitu anak kelas 1 SD selain itu peran orangtua juga mendukung dan
memfasilitasi anak - anak agar suka membaca dengan menyediakan buku bacaan
dirumah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah lebih
meningkatkan lagi penerapan kegiatan membaca melalui media buku cerita
bergambar dan ditambahnya pengadaan buku sesuai dengan jenjang kelas masing
– masing anak serta dukungan dan peran orangtua dalam membiasakan anak – anak
untuk gemar membaca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 02:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 02:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2102 |