PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAB 2 MATA PELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ATIKAH, NUR (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAB 2 MATA PELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nur Atikah 19120282.pdf] Text
Nur Atikah 19120282.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NUR ATIKAH. NPM 19120282. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Kurikulum Merdeka Bab 2 Mata Pelajaran IPAS Materi Wujud Zat dan
Perubahnnya Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program studi pendidikan guru
sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
pembimbing I Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing II Singgih Adhi
Prasetyo, S.Sn.,M.Pd. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penggunaan
perangkat pembelajaran yang belum optimal sehingga keaktifan siswa masih
rendah dalam pembelajaran. Selain itu, kurangnya perangkat pembelajaran
Kurikulum Merdeka mata pelajaran IPAS yang dimilki oleh sekolah juga masih
kurang. Maka dari itu guru dan peserta didik memerlukan perangkat pembelajaran
Kurikulum Merdeka yang lengkap dan sistematis.
Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan, menganalisis kevalidan,
dan kepraktisan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka bab 2 IPAS kelas IV
sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design,
Develop, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 02 Menoro.
Hasil penelitian kevalidan diperoleh dari validasi materi dan media. Hasil
persentase nilai yang diperoleh dari validator I adalah 94% dengan kriteria
“sangat layak” dan hasil persentase nilai yang diperoleh validator II adalah 93%
dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket respon guru kelas IV SD Negeri 02
Menoro mendapatkan persentase nilai sebesar 86,6% dengan kriteria “sangat
layak”. Hasil angket respon siswa kelas IV SD Negeri 02 Menoro mendapatkan
persentase nilai sebesar 97,8% ”sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan jika
perangkat perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Bab 2 Mata Pelajaran
IPAS Materi Wujud Zat dan Perubahnnya valid dan praktis digunakan di kelas IV
sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, perangkat pembelajaran Kurikulum
Merdeka valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik pada Bab 2 Mata
Pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci : Penelitian dan pengembangan, Kurikulum Merdeka, Perangkat
Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:51
Last Modified: 24 Jan 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item
View Item