ATHIYAH, NELY (2023) PENGARUH BAHAN AJAR BERORIENTASI LIFE SKILLS BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK DI KELAS III SDN REJOSARI 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Nely Athiyah 19120269.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Nely Athiyah. NPM 19120269. “Pengaruh Bahan Ajar Berorientasi Life Skills
Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic)
Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Di Kelas III Sdn Rejosari 01”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengaruh bahan ajar
berbasis STEAM bermuatan Life skills di SD Negeri Rejosari 01 yang belum
menerapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang berbasis
STEAM untuk mendukung potensi life skills yang dimiliki oleh peserta didik
SDN Rejosari 01 baik generic life skills maupun spesific life skills sehingga
pembelajaran kurang mendukung aktivitas peserta didik pada saat kegiatan
pembelajaran dikelas berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh bahan ajar berbasis STEAM terhadap life skills peserta didik. Rumusan
masalah peneliti dirumuskan sebagai berikut: Apakah pengaruh bahan ajar
berorientasi life skills berbasis STEAM (science, technology, engineering, art,
and mathematic) untuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN
Rejosari 01?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bahan ajar
berorientasi life skills berbasis STEAM (science, technology, engineering, art,
and mathematic) untuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN
Rejosari 01.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dalam bentuk Pre
Eksperimental Design yaitu bentuk nonquivelent pretest and posttest control
group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN
Rejosari 01. Sampel yang diambil adalah 56 peserta didik yaitu kelas III C
berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III D berjumlah 27
sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket,
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari pengaruh bahan ajar berorientasi life skills berbasis
STEAM ntuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN Rejosari 01
pada sesudah perlakuan kelas eksperimen mendapat rata-rata 137,54 dan sesudah
perlakuan pada kelas kontrol mendapat rata-rata 82,93. Sedangkan berdasarkan uji
Paired sample t test, diketahui sig. (2-tailed) sebelum perlakuan dan sesudah
perlakuan eksperimen sebesar .000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan terhadap life skills peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya bahan ajar berbasis STEAM digunakan pada saat pembelajaran di SD
untuk membekalkan life skills peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:27 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 02:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1782 |