ASMORO, FABRI (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN LONCAT KATAK BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KLEPU 02. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FABRI ASMORO 21236032.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Fabri Asmoro. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Permainan
Loncat Katak bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Klepu 02”. Program Studi
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan
pendekatan loncat katak melewati kardus dapat meningkatkan pembelajaran
keterampilan lompat jauh pada siswa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan keterampilan siswa melalui pembelajaran lompat jauh
menggunakan pendekatan loncat katak melewati kardus.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Klepu 02 Kec. Pringapus, penelitian
ini melibatkan semua siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap
siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan
refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian
pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian ketuntasan hasil belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan
belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah
kelas secara bersama. Penelitian tindakan kelas merupakan ragam penelitian
pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk
memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki
mutu dan hasil pembelajaran dan mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran demi
peningkatan mutu dan hasil pembelajaran
Hasil pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap aktivitas
siswa selama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus 1 hasil prosentase sebesar
62,50% dan siklus II hasil prosentase sebesar 87,50%, ini ada peningkatan sebesar
25,00%. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus I dan siklus II,
secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran lompat jauh
menggunakan pendekatan loncat katak melewati kardus mampu meningkatkan
keterampilan siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan
untuk meningkatkan semangat belajar. Guru hendaknya terus berusaha untuk
meningkatkan kemampuannya dan juga guru diharapkan lebih inovatif, kreatif
dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif
dan menyenangkan.
Kata Kunci : Hasil Pembelajaran, lompat jauh, pendekatan metode loncat katak
melewati kardus
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:52 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1576 |