Atut, Rospita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SDN BUGANGAN 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Rospita Atut 19120390.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ROSPITA ATUT. NPM 19120390. “Pengembangan Media Flipbook Berbasis
Augmented Reality Pada Materi Siklus Air kelas V SDN Bugangan 01”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr.Siti Patonah.,M.Pd. dan pembimbing II Ferina Agustini.,S.Pd.,
M.Pd 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah sulitnya pemahaman
siswa terhadap materi Siklus Air dalam muatan IPA dan minimnya penggunaan
media pembelajaran menyebabkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang
terlaksana. Tujuan dari penelitian untuk mempermudah siswa dalam memahami
materi IPA tentang siklus air menggunakan media Flipbook berbasis Augmeneted
Reality (AR) agar siswa tidak merasa bosan menggunakan media buku. Teknologi
ini dapat mengubah tampilan barcode menjadi tampilan 3D di layar smartphone
seperti terjadi di dunia nyata. Oleh karena itu guru membutuhkan adanya media
yang menarik dan menyenangkan salah satunya dengan mengembangkan media
Flipbook berbasis Augmented Reality (AR).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimanakah langkah
pengembangan sebuah media Flipbook berbasis Augmented Reality? 2)
Bagaimanakah kelayakan media Flipbook berbasis Augmented Reality?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and
Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji
kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media Flipbook berbasis
Augmented Reality kepada guru kelas V hanya sampai tahap merevisi hasil uji
coba. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN Bugangan 01 pada
tanggal 6 sampai dengan 8 Februari 2023.
Hasil dari pengembangan yang dilakukan berdasarkan langkah
pengembangan yaitu melakukan penelitian dan pengumpulan informasi dengan
melakukan studi pendahuluan berupa wawancara dan mengisi angket kebutuhan
guru dan siswa kelas V. Informasi yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis,
hasil analisias digunakan untuk menyusun perencanaan, setelah itu pengembangan
draf awal produk melakukan uji validasi dengan validator ahli materi dan media,
selanjutnya melakukan uji lapangan, setelah melakukan uji lapangan awal. Hasil
Penelitian media Flipbook berbasis Augmented Reality kepada guru kelas V yang
dikembangkan sudah layak digunakan guru sebagai referensi dan pendamping
buku guru karena hasil validasi ahli materi memperoleh presentase 91,6%, hasil
validasi ahli media memperoleh presentase 90%, dan hasil penilaian angket
respon guru memperoleh presentase 97,59%. Kesimpulannya pengembangan
media Flipbook berbasis Augmented Reality termasuk dalam kategori “Sangat
Relevan” dan “layak digunakan” memenuhi kriteria valid.
Media Flipbook Berbasis Augmented Reality Pada Materi Siklus Air Kelas
V SDN Bugangan 01 dapat menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang
dapat digunakan sebagai referensi guru untuk pendamping buku guru saat
memberikan materi kepada siswa. Media Flipbook Berbasis Augmented Reality
Pada Materi Siklus Air Kelas V SDN Bugangan 01 dapat dijadikan media yang
praktis dan efisien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:51 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1426 |