“PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SEDYO MULYO BAKARAN KULON PATI”

Rubyatun, Riza (2023) “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SEDYO MULYO BAKARAN KULON PATI”. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZA RUBYATUN 19150015.pdf] Text
RIZA RUBYATUN 19150015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Riza Rubyatun NPM. 19150015. “Pengaruh Penggunaan Media Loose Part
terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK
Sedyo Mulyo Bakaran Kulon Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Purwadi, S.Pd.,M.Pd. Dan Dosen Pembimbing II
Dr. Agung Prasetyo, S.Psi., M.Pd. Agustus 2023.
Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai dalam kehidupan sehari
hari. Sejak dalam kandungan anak sudah mulai belajar bahasa, seperti: saat ibunya
mengajak anak berbicara meskipun anak masih dalam kandungan. Kemampuan
bahasa pada anak harus distimulasi sejak dini untuk menghindari keterlambatan
berbicara. Ketrampilan berbahasa memiliki empat komponen, yaitu: ketrampilan
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Bahasa dibagi menjadi dua, yaitu
bahasa reseptif dan ekspresif. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif
dengan desain Quasi Eksperimen Design berbentuk Nonequivalent control group
desaign. Teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Populasi penelitian adalah kelompok A TK Sedyo Mulyo Bakaran Kulon Pati.
Sampel yang diambil dari kelompok A berjumlah 30 anak, kontrol berjumlah 15
anak dan eksperimen berjumlah 15 anak.
Hasil penelitian berdasarakan
data yang sudah diperoleh terdapat
peningkatan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 6,27 % dan untuk kelas
kontrol mengalami peningkatan rata-rata sebesar 1,93%. Dan hasil uji hipotesis
diketahui bahwa nilai signifikan (sig2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari α =
0,05. Sehingga dapat disimpulkan nilai signikansi (sig 2-tailed) sbesar 0,000 <
0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media loose part terhadap
perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun. Dengan penggunaan
media loose part dapat memberikan suasana proses pembelajaran yang
menyenangkan dan mengembangkan aspek perkembangan bahasa pada anak.ngan
bahasa pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:07
Last Modified: 18 Jan 2024 08:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item
View Item