RISTIANA, RINA NINDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III SDN SUGIHREJO 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RINA NINDA RISTIANA 19120099.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
RINA NINDA RISTIANA. NPM 19120099. “Pengaruh Model Pembelajaran
PBL Berbantu Media PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati” Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang,
Pembimbing I Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Pembimbing II Qoriati
Mushafanah, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa mengalami i
kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan, terutama ketika siswa diminta
untuk menyelesaikannya dalam bentuk gambar, siswa cenderung pasif saat
kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran belum menggunakan model
pembelajaran yang efektif, serta hasil belajar siswa yang belum maksimal.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran PBL berbantu media PhET terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika materi pecahan kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre
Eksperimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik
pengumpulan data pada penelitian melalui wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pretest sebesar 57,5 dan rata�rata posttest sebesar 87,5 . Berdasarkan hasil uji t dengan df = N-1 = 12-1 = 11
dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung 8,618 dan ttabel 2,201. Ketuntasan
belajar klasikal siswa kelas III yaitu sebesar 92%. Dari hasil perhitungan tersebut
diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematika antara nilai pretest dan posttest,
artinya ada pengaruh model pembelajaran PBL berbantu media PhET terhadap
kemampuan pemecahan masalah matemtika materi pecahan kelas III SDN
Sugihrejo 01 Pati.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis menyampaikan saran
bagi guru agar dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantu media PhET pada proses pembelajaran matematika terutama pada materi
pecahan. Hal tersebut dikarenakan, model pembelajaran Problem Based Learning
berbantu media PhET berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika terutama pada materi pecahan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran PBL, Media PhET, Kemapuan Pemecahan Masalah
Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:01 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1323 |