Cornellya, Rilas Dwi (2023) DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT PADA MATERI NILAI TEMPAT UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SDN PENDRIKAN LOR 02. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Rilas Dwi Cornellya 19120214.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
RILAS DWI CORNELLYA. NPM 19120214. “DESAIN PEMBELAJARAN
BILANGAN BULAT PADA MATERI NILAI TEMPAT UNTUK
MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV
SDN PENDRIKAN LOR 02”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang, 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan peserta didik
dalam memahami konsep nilai tempat bilangan. Hal ini disebabkan kurangnya
kemampuan peserta didik dalam literasi numerasinya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah desain pembelajaran
bilangan bulat pada materi nilai tempat dapat mendukung kemampuan literasi
numerasi siswa kelas IV SDN Pendrikan Lor 02?, 2) Bagaimana respon siswa
terhadap desain pembelajaran bilangan bulat pada materi nilai tempat untuk
mendukung kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN Pendrikan Lor 02?.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui desain
pembelajaran pada materi bilangan bulat dapat membantu meningkatkan
kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SDN Pendrikan Lor 02, 2)
Mengetahui respon siswa terhadap desain pembelajaran bilangan bulat pada
materi nilai tempat untuk mendukung kemampuan literasi numerasi siswa kelas
IV SDN Pendrikan Lor 02.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan DDR
(Didactical Design Research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV
B SDN Pendrikan Lor 02 tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah
5 peserta didik dan guru kelas untuk dilakukan wawancara. Untuk pengambilan
sampel ini dipilih dengan kategori peserta didik yang berkemampuan rendah. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain didaktis yang digunakan
dalam pembelajarancukup efektif dan dapat diterima peserta didik. Antusias dan
respon peserta didik dalam proses pembelajaran baik. Dapat dikatakan bahwa
desain didaktis pembelajaran yang ditawarkan dapat mendukung kemampuan
literasi numerasi peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu guru
dapat mengimplementasikan desain pembelajaran yang ditawarkan dengan
menggunakan bantuan aplikasi GeoGebra sebagai bentuk inovasi baru dalam
pembelajaran. Selain itu, guru juga perlu memberikan soal-soal terkait literasi
numerasi untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:43 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1307 |