BRAWIJAYA, BRAWIJAYA (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL IPA SD BERBASIS STEM PADA MATERI PANCA INDERA FASE A. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
BRAWIJAYA 19120183.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Melalui kegiatan assesment diharapkan siswa memiliki kepribadian
yangsiap dan bisa menjadi contoh pada siswa yang lainnya, dikarenakan tiap
semua siswa ada yeng meiliki kesempatan untuk mengikuti assesment awal ini.
Dan pada kesempatan kali ini dapat di terapkan soal assesmet yang bertujuan
untuk membantu siswa dengan mudah memahami karakteristik serta minat bakat
yang dapat dimunculkan dari potensi siswa. Banyak sekali kegiatan pembelajaran
yang biasanya dilakukan dan diterapkan melaui berbagai jenis macam asesmen
yang tentunya Pada masa ini sangat menghambat siswa yang sudah mengikuti
asesment dengan sistem lalu. Maka dari itu dibutuhkan alternatif lain untuk
membantu jalannya siswa mempelajari tahap selanjutnya dimasa sekarang ini
dengan menggunakan bantuan media soal asesment awal berbasis STEM pada
siswa sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik
Soal STEM untuk menumbuhkan Kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar? 2)
Bagaimana kelayakan media soal STEM untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis di sekolah dasar? 3) Bagaimana kepraktisan media soal STEM di
sekolah dasar?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu
dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan instrumen
soal IPA SD Berbasis STEM pada materi panca indera Fase A sampai pada tahap
uji keefektifan media. Penelitian dan pengembangan media ini dilaksanakan di
SDN Sawah Besar 01
Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
penelitian pengembangan R&D (Research & Development ) dengan model
ADDIE dengan tahapan penelitian yang meliputi analysis, design, development,
implementation, evaluation yang didapatkan dalam instrumen soal yang
ditunjukkan kepada 108 siswa Sekolah Dasar yang terdiri 53 laki-laki dan 55
siswa perempuan Maupun angket yang ditunjukkan kepada guru Sekolah Dasar.
Hasil Validasi Ahli menunjukkan bahwa Butir Soal yang diberikan memiliki
kriteria Indeks Aiken Tinggi dengan rentan <0,4 = Rendah, 0,41-0,8 = Sedang dan
0,81< = Tinggi menunjukkan hasil dari person reliability 1.00, dan item
reliability 0,98 . Berdsarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas butir soal
tergolong tinggi namun kemampuan siswa dalam mengerjakan soal masih
tergolong sedang. Berdasrkan kriteria rentang measure order soal paling mudah
memiliki nilai measure ( -4,90) sedangkan soal paling sulit diperoleh nilai
measure ( +4,42). Terdapat kriteria nilai measure < -1 ( item sangat mudah ), -1
s.d 0 ( item mudah ) 0 s.d 1 ( item sulit ), >1 ( item sangat sulit ).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:44 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1306 |