PENGEMBANGAN MODUL ECOBRICK DALAM MENINGKATKAN KREASI SENI BERWAWASAN EDUPRENEURSHIP DAN GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR

MILANIA, RIANDITA (2023) PENGEMBANGAN MODUL ECOBRICK DALAM MENINGKATKAN KREASI SENI BERWAWASAN EDUPRENEURSHIP DAN GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Riandita Milania 18120139.pdf] Text
Riandita Milania 18120139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Riandita Milania, NPM 18120139 “Pengembangan Modul Ecobrick
Dalam Meningkatkan Kreasi Seni Berwawasan Edupreneurship dan Gaya
Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dr.
Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd dan Rofian, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya sampah
plastik yang dihasilkan di lingkungan sekolah belum dikelola secara maksimal
sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Mengolah sampah menjadi
Ecobrick dengan harapan dapat meningkatkan kreasi seni berwawasan
Edupreneurship dan gaya hidup berkelanjutan. Selain itu siswa juga lebih cinta
dengan lingkungan. Namun, siswa masih banyak yang belum mengetahui apa
Ecobrick serta bagaimana cara pembuatannya. Berdasarkan permasalahan tersebut
maka perlu diadakan penelitian.
Permasalahan penelitian ini belum adanya buku pedoman yang berisi
langkah-langkah pembuatan Ecobrick yang mudah dipahami oleh siswa. Tujuan
penelitian ini yaitu mengetahui proses pengembangan modul, mengetahui
kelayakan modul, serta untuk menguji kepraktisan modul Ecobrick dalam
meningkatkan kreasi seni berwawasan Edupreneurship dan gaya hidup
berkelanjutan di Sekolah Dasar
Jenis penelitian ini berupa penelitian RnD (Research and Development).
Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto 01, siswa kelas VI SD
Negeri Tayuwetan 02, dan siswa kelas III SD Negeri Kalikalong 01 Kecamatan
Tayu Kapupaten Pati.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui angket respon guru
dan siswa Hasil uji kepraktisan terhadap guru kelas diperoleh skor tertinggi 98,3%
dengan kriteria sangat praktis dan pada uji kepraktisan terhadap siswa diperoleh
skor tertinggi sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan dapat
digunakan sebagai bahan referensi untuk penelitian lanjutan, untuk lebih
memperdalam penelitian selanjutnya pada uji skala besar yang menerapkan
penelitian pembuatan Ecobrick ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:38
Last Modified: 18 Jan 2024 07:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item
View Item