ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD ISLAM SALAFIYAH MARGOMULYO

FADILLAH, RIZKY PUTRI (2023) ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD ISLAM SALAFIYAH MARGOMULYO. Other thesis, UNIVERSITASS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIZKY PUTRI FADILLAH 19120301.pdf] Text
RIZKY PUTRI FADILLAH 19120301.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RIZKY PUTRI FADILLAH. NPM 19120301. “Analisis Kesulitan Penguasaan
Kosakata pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV SD Islam Salafiyah
Margomulyo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023.
Konteks penelitian yang mendasari penelitian ini yaitu adanyapermasalahan
di SD Islam Salafiyah Margomulyo bahwa siswa mengalami kesulitan dalam
penguasaan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV khususnya
pada materi nama-nama alat transportasi(transportation). Berdasarkan konteks
penelitian di atas yang sudah diuraikan, fokus penelitian dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimanakah analisis kesulitan penguasaan kosakata Bahasa Inggris
pada siswa kelas IV SD Islam Salafiyah Margomulyo?, 2) Apa saja faktor-faktor
yang mempengaruhi kesulitan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa
kelas IV SD Islam Salafiyah Margomulyo?
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD dan guru
Bahasa Inggris kelas IV SD Islam Salafiyah Margomulyo. Metode pengumpulan
data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan hasil
pekerjaan siswa.
Berdasarkan hasil temuan analisis penelitian dan pembahasan yang telah
diuraikan dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa mengalami kesulitan
membaca dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris materi nama-nama alat
transportasi (transportation) pada siswa kelas IV di SD Islam Salafiyah
Margomulyo. Dari 17 siswa, sebanyak 76,48% (13 siswa) mengalami kesulitan
membaca dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Tiga faktor yang
menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar Bahasa Inggris dalam
penguasaan kosakata Bahasa Inggris yaitu kesulitan membaca pada siswa kelas IV
di SD Islam Salafiyah Margomulyo diantaranya: (1) Sikap belajar siswa. (2)
Kurangnya motivasi belajar siswa. (3) Kurangnya minat baca siswa.
Kata Kunci:Kesulitan Belajar, Kosakata, Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:43
Last Modified: 03 Jan 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item