ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Adelia, Resti Nanda (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RESTI NANDA ADELIA  16120427.pdf] Text
RESTI NANDA ADELIA 16120427.pdf

Download (6MB)

Abstract

RESTI NANDA ADELIA. NPM 16120427. “Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar pada
Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi Program Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, pembimbing I Sukamto,
S.Pd., M.Pd., pembimbing II Ryky Mandar Sary S.Pd., M.Pd. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik masih
sangat kesulitan menghadapi soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah
terutama pada materi bangun datar.
Fokus penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dalam
mneyelesaikan soal cerita pada peserta didik sekolah dasar materi bangun datar
dengan objek utamanya peserta didik kelas IV. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemecahan
masalah peserta didik kelas IV sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita
materi bangun datar.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
cara tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sumber data pada
penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Wawancara dilakukan dengan 9
siswa dan guru kelas IV SD Negeri Sarirejo 04 Pati.
Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri Sarirejo 04 Pati, menunjukkan
bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam kategori rendah sudah
mampu memenuhi indikator 1 yaitu kemampuan memahami masalah sedangkan
pada indikator 2, 3 dan 4 siswa menunjukkan cukup memiliki kemampuan
menyusun rencana penyelesaian, kurang memenuhi kemampuan melaksanakan
rencana penyelesaian dan tidak memenuhi kemampuan mengecek/menafsirkan
kembali. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa kategori sedang sudah
mampu memenuhi indikator 1 dan 2 yaitu memenuhi kemampuan memahami
masalah dan menyusun rencana penyelesaian sedangkan pada indikator 3 dan 4
siswa menunjukkan cukup memiliki kemampuan melaksanakan rencana
penyelesaian dan tidak memenuhi kemampuan mengecek/menafsirkan kembali.
(3) Kemampuan pemecahan masalah siswa kategori tinggi sudah mampu
memenuhi indikator 1, 2 dan 3 yaitu memenuhi kemampuan memahami masalah,
menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian
sedangkan indikator 4 siswa menunjukkan kurang memenuhi kemampuan
mengecek/menafsirkan kembali..
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada guru
yaitu sebaiknya lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan
soal secara bertahap. Saran bagi siswa adalah diharapkan terbiasa menyelesaikan
soal cerita dengan menggunakan aturan-aturan pengerjaan soal yang benar dan
sesuai tahapan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:30
Last Modified: 18 Jan 2024 07:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item
View Item