Bahar, Rexy (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN GOBAK SODOR BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 05 SARWODADI KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Rexy Bahar 17230306.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Rexy Bahar. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Melalui
Modifikasi Permainan Gobak Sodor Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 05
Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023”
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah modifikasi permainan
gobak sodor dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada siswa kelas
VI SD Negeri 05 Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun
Pelajaran 2022/2023? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
modifikasi permainan gobak sodor dapat meningkatkan hasil belajar menggiring
bola pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten
Pemalang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 24 siswa.
Pengambilan sampel dengan total sampling adalah cara yang digunakan
mengambil sampel yang akan diambil secara total sampling yaitu sampel yang
diambil adalah dari seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data
kemampuan menggiring bola, yang terdiri atas: tes kognitif; tes afektif dan tes
psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modifikasi permainan gobag
sodor efektif meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa kelas VI SD Negeri
05 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dibuktikan dari
thitung sebesar 9,659 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05); 2)
modifikasi permainan gobag sodor efektif meningkatkan hasil belajar afektif pada
siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal tersebut
dapat dibuktikan dari thitung sebesar 13,201 dengan signifikansi sebesar 0,000
(0,000 < 0,05); 3) modifikasi permainan gobag sodor efektif meningkatkan hasil
belajar psikomotor pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Sarwodadi Tahun Pelajaran
2022/2023. Hal tersebut dapat dibuktikan dari thitung sebesar 21,158 dengan
signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar
menggiring bola melalui modifikasi permainan gobak sodor pada siswa kelas VI
SD Negeri 05 Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran
2022/2023.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Menggiring Bola, Permainan Gobak Sodor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:20 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1282 |