Rusmawandani, Rahmadita Putri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA KETERAMPILAN MEMBACA NYARING KELAS II DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RAHMADITA PUTRI RUSMAWANDANI 19120295.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Rahmadita Putri Rusmawandani. NPM 19120295. “Pengembangan Media
Flash Card Berbasis Microsoft Powerpoint pada Keterampilan Membaca Nyaring Kelas
II di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya permasalahan
kesulitan membaca nyaring siswa kelas II SD seperti membaca masih terbata-bata,
membaca dengan pelafalan yang kurang jelas, membaca dengan intonasi yang kurang
tepat, membaca belum sesuai dengan tanda baca yang tepat, sulit memahami bacaan,
siswa kesulitan dalam merangkai simbol dari huruf menjadi kata, sehingga perlu bantuan
guru ketika membaca. Kesulitan dalam melafalkan inilah yang membuat siswa membaca
dengan perasaan gugup maka intonasi dalam bacaan itu tidak akan jelas dalam membaca
nyaring. Selain itu, pembelajaran cenderung bersifat teacher center dan guru yang masih
kurang mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan media pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah pengembangan media flash
card berbasis microsoft powerpoint pada keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di
sekolah dasar valid?, (2) apakah pengembangan media flash card berbasis microsoft
powerpoint pada keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di sekolah dasar layak?.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi
validitas media flash card berbasis microsoft powerpoint pada keterampilan membaca
nyaring siswa kelas II di sekolah dasar, (2) untuk mengidentifikasi kelayakan media flash
card berbasis microsoft powerpoint pada keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di
sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan
pengembangan atau Reserch and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze,
Design, Develop, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas II SDN 3 Wulung tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 22 siswa
dengan teknik sampling Non Probability. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara observasi, dokumentasi dan angket.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut.
(1) Pengembangan media flash card berbasis microsoft powerpoint mendapatkan hasil
valid, hal ini didasarkan dari perolehan nilai persentase dari ahli materi sebesar 100% dan
ahli media memperoleh nilai sebesar 97% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan
hasil validasi tersebut, dapat diketahui bahwa media flash card berbasis microsoft
powerpoint layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas II sekolah
dasar. (2) Hasil persentase respon guru terhadap media pembelajaran sebesar 100% dan
hasil persentase siswa sebesar 98%. Berdasarkan hasil persentase, dapat diketahui bahwa
media flash card berbasis microsoft powerpoint layak untuk digunakan siswa kelas II
sekolah dasar.
Berdasarkan hasil persentase, dapat disimpulkan bahwa media flash card berbasis
microsoft powerpoint valid dan layak digunakan siswa kelas II SD. Sehingga, guru
diharapkan dapat menggunakan media flash card berbasis microsoft powerpoint pada
kelas II materi keterampilan membaca nyaring.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:02 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1270 |