RAHMA, RANI AULIA (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN SENDANGGUWO 02 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RANI AULIA RAHMA 19120091.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
RANI AULIA RAHMA. NPM 19120091. “Keefektifan Model Project Based
Learning Berbantu Media Kotak Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS
Kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Mira Azizah, S.Pd., M.Pd dan Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd,
Maret, 2023.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang kurang
optimal pada materi IPAS peserta didik kelas IV SDNSendagguwo 02 Kota
Semarang. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran
yang variatif dan media yang digunakan hanya visual.
Permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah model Project Based
Learning efektif pada hasil belajar IPAS kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota
Semarang?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui keefektifan penggunaan model Prohect Based Learning pada hasil
belajar IPAS kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang tahun pelajaran
2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain pre�experimental berupa one-group pretest posttest design. populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang tahun
pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 28 siswa dengan menggunakan
teknik non-probability sampling dengan jenis simple random sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil analisis pada kelas kontrol nilai pretest diperoleh dengan nilai
terendah 40 dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata 67,142. Sedangkan nilai
posttest memperoleh nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100 dengan rata-rata
83,571. Berdasarkan analisis uji t paired sample T-Test diperoleh thitung sebesar
14.332 Sedangkan ttabel 2.004 Dan taraf signifikan 5% sebesar 55 Karena hasil
thitung > ttabel maka H0 ditolak Ha diterima maka dapat diartikan Ada keefektifan
model project based learning berbantu media audio visual terhadap hasil belajar
materi IPAS kelas IV SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
bahwa model Project Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran di
sekolah karena hendaknya membuat siswa lebih fokus, memahami materi
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:47 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1259 |