ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI GOTONG ROYONG PADA PEMBELAJARAN PERKALIAN BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 01 TEGOWANU KULON

YUWANDA, RAMADHANTI TRI (2023) ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI GOTONG ROYONG PADA PEMBELAJARAN PERKALIAN BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 01 TEGOWANU KULON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RAMADHANTI TRI YUWANDA 19120076.pdf] Text
RAMADHANTI TRI YUWANDA 19120076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RAMADHANTI TRI YUWANDA. NPM 19120076. Skripsi. Februari 2023.
“Analisis Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran
Perkalian Bilangan Cacah Kelas IV SDN 01 Tegowanu Kulon”. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd., dan Pembimbing II
Prof. Dr. AY. Soegeng, Ysh., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi peserta didik yang individual dan
kurang mampu bekerja sama menyelesaikan tugas kelompok. Peserta didik kurang
peduli dengan kondisi lingkungan baik secara fisik dan sosial. Peserta didik
kurang mampu berbagai dan menerima pendapat dari teman lain. Peserta didik
kurang menguasai pelajaran matematika pada materi perkalian bilangan pecahan
pada kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran perkalian
bilangan cacah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh
melalui wawancara (interview), observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari
peserta didik kelas IV dan guru kelas. Data penelitian berupa hasil analisis profil
pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran perkalian bilangan
cacah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi
gabungan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas data dengan trianggulasi
teknik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan, bahwa profil pelajar
Pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran perkalian bilangan cacah
kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon, dapat dicerminkan melalui
kemampuan peserta didik dalam melakukan kegiatan bersama-sama pada
pembelajaran matematika materi operasi perkalian bilangan cacah. Sikap gotong
royong peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi operasi perkalian
bilangan cacah, diperoleh nilai total rata-rata persentase sebesar 99% dalam
kategori sangat baik. Pada aspek I kolaborasi, diperoleh nilai rata-rata persentase
sebesar 100% dalam kategori sangat baik. Pada aspek II kepedulian, diperoleh
nilai rata-rata persentase sebesar 100% dalam kategori sangat baik. Pada aspek III
berbagi, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 97% dalam kategori sangat
baik. Kemampuan peserta didik dalam melakukan operasi hitung perkalian
bilangan cacah, diperoleh nilai total rata-rata sebesar 82 dengan persentase sebesar
82% dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
perkalian bilangan cacah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tegowanu Kulon,
terdapat profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong, meliputi: karakter
kolaborasi, kepedulian, dan berbagi dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: profil pelajar pancasila, dimensi gotong royong, pembelajaran
Matematika, perkalian bilangan cacah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:45
Last Modified: 18 Jan 2024 06:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item
View Item