Permatasari, Putri Dian (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI MATEMATIKA BERBASIS STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
PUTRI DIAN PERMATASARI 19120308.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
PUTRI DIAN PERMATASARI. NPM 19120308. “Pengembangan Media
Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas V
Semester 2 Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya pemahaman
konsep Matematika pada materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V dan
belum tersedia media pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran di
kelas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana ketersediaan media
pembelajaran Matematika kelas V semester 2 sekolah dasar?, 2) Bagaimana
pengembangan media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement
Divisions untuk meningkatkan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan
Pecahan kelas V semester 2 sekolah dasar?, 3) Bagaimana keefektifan media
Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk
meningkatkan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V
semester 2 sekolah dasar?.
Jenis peneitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan desain pretes-pascates satu kelompok (one group
pretest-postest design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 2
Jungsemi tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 17 siswa kelas
V dengan menggunakan teknik non-propability sampling berbentuk purposive
sampling. Data dari penelitian ini diperoleh dari angket analisis kebutuhan,
dokumentasi, pre test dan post test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoli Matematika berbasis
Student Teams Achievement Divisions mendapatkan persentase penilaian kelayakan
dan kevalidan media dari tiga ahli materi dengan rata-rata sebesar 88,6% dan tiga
ahli media dengan rata-rata sebesar 89,3%. Nilai tersebut masuk dalam kriteria
sangat baik dan sangat layak digunakan. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji
coba terbatas yang dilakukan oleh tiga guru kelas memperoleh nilai rata-rata
sebesar 87,3% untuk penilaian media dan nilai rata-rata sebesar 93,3% untuk
penilaian materi dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan. Pada uji
keefektifan media terdapat peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep
Operasi Hitung Bilangan Pecahan yang memperoleh n-gain score sebesar 0,8
dengan kriteria tinggi dan n-gain persen sebesar 78,4% dengan kategori efektif.
Kesimpulannya bahwa Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams
Achievement Divisions efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan
pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V semester 2 sekolah
dasar.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah supaya
Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk meningkatkan pemahaman
konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V semester 2 sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Operasi Hitung Bilangan Pecahan, STAD
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:42 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1252 |