ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS 4 SD NEGERI NGEMPLAK SIMONGAN 01

LAILI, RAHMAD ZULFA NUR (2023) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS 4 SD NEGERI NGEMPLAK SIMONGAN 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rahmad Zulfa Nur Laili 19120196.pdf] Text
Rahmad Zulfa Nur Laili 19120196.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rahmad Zulfa Nur Laili. NPM 19120196 “Analisis Kesulitan Pembelajaran
Matematika Pada Materi Pecahan Kelas 4 SD Negeri Ngemplak Simongan 01”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Agustus 2023.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan pada pembelajaran
matematika pada materi pecahan matematika kelas IV SD N Ngemplak Simongan 01,
ditemukan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan subyek dalam
memahami materi tersebut. Rumusan penelitian ini adalah masalah sebagai berikut: Apa
saja faktor-faktor kesulitan belajar subyek pada materi pecahan dalam pembelajaran
matematika Kelas IV SD N Ngemplak Simongan 01? Bagaimana usulan yang dapat
dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar subyek pada materi pecahan dalam
pembelajaran matematika Kelas IV SD N Ngemplak Simongan 01?.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil jenis penelitian dengan pendekatan
kualitatif dan metode fenomenologi. Penelitian kualitatif mempunyai dua tujuan yaitu
pertama menggambarkan dan mengungkapkan kedua menggambarkan dan menjelaskan.
Pendekatan kualitatif bersifat fenomologi dikarenakan penelitian deskriptif ditujukan untuk
mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang
bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia.
Berdasarkan analisis data maka hasil penelitian sebagai berikut., Pada hasil
penelitian 1. wawancara dengan lima subyek, terdapat beberapa faktor kesulitan dalam
pembelajaran matematika bilangan pecahan. Subyek sering melakukan kesalahan
perhitungan, menghadapi tantangan dalam memahami soal, memiliki pemahaman konsep
yang kurang, tingkat kepercayaan diri yang bervariasi, dan kesulitan menentukan data yang
relevan. Subyek CY telah mengimplementasikan Pendekatan yang bervariasi dan interaktif
dalam mengatasi faktor-faktor kesulitan tersebut. Penggunaan benda konkrit, soal
pemahaman, bimbingan Individual, dan penggunaan rumus dalam latihan telah membantu
meningkatkan pemahaman subyek dan kepercayaan diri mereka. Evaluasi teratur dan
bimbingan tambahan juga berperan penting dalam memantau dan membantu
perkembangan subyek dalam memahami serta menerapkan konsep bilangan pecahan. Pada
hasil penelitian 2. Dari usulan perbaikan untuk pembelajaran matematika bilangan pecahan
adalah sebagai berikut: Evaluasi dan analisis kesalahan subyek secara berkala membantu
mengidentifikasi pola kesalahan dan memberikan pembelajaran remedial yang tepat..
Pengembangan Pendekatan pembelajaran yang efektif melalui visualisasi, manipulatif, dan
permainan matematika interaktif dapat meningkatkan pemahaman subyek. Peningkatan
pemahaman konsep bilangan pecahan melalui Pendekatan mendalam, seperti diskusi
kelompok dan proyek kreatif, membantu subyek menerapkan konsep dalam situasi nyata.
Membangun rasa percaya diri subyek dengan pengakuan dan penguatan positif serta
memberikan tantangan sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Latihan untuk
mengembangkan keterampilan menentukan data relevan membantu subyek dalam
mengerjakan soal matematika bilangan pecahan.
Saran yang dapat diberikan adalah Peningkatan pemahaman konsep pecahan
melalui pelatihan, strategi variatif, pendekatan kooperatif, dukungan orang tua, sumber
belajar memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:39
Last Modified: 18 Jan 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item
View Item