AKBAR, MUHAMAD ZULFIKAR ILHAM (2023) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA KARAKTER DALAM DONGENG BUNGA MELATI YANG BAIK HATI TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMAD ZULFIKAR ILHAM AKBAR 19120249.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
MUHAMAD ZULFIKAR ILHAM AKBAR. NPM 19120249. “Pengembangan
Media Wayang Kartun Pada Karakter Dalam Dongeng Bunga Melati Yang Baik
Hati Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas 3 Sekolah Dasar”. Skripsi Progam
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah guru belum menggunakan
media pembelajaran dan masih menggunakan media seadanya yaitu berupa buku,
gambar-gambar dan lainnya. Guru belum pernah menggunakan media
pembelajaran yang konkrit sehingga peserta didik belum bisa memahami pada
materi pembelajaran tertentu. Sehingga guru membutuhkan media pembelajaran
yang konkrit sebagai alat bantu untuk peseta didik agar lebih memahami materi
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan media
pembelajaran wayang kartun pada pembelajaran tematik materi dongeng kelas 3
Sekolah Dasar. Diharapkan media wayang kartun ini dapat memberikan suasana
pembelajaran baru yang tidak monoton dan tidak membuat pembelajaran
membosankan. Peserta didik belajar dengan cara bermain, proses pembelajaran di
depan kelas menjadi sangat menyenangkan dan dapat meningkatkan pemahaman
materi pembelajaran pada peserta didik.
Peneliti menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D
(Research and Development) dengan menggunakan buku Sugiyono yang
dilakukan hingga pada langkah ke enam, adapun langkah-langkah tersebut sebagai
berikut; (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4)
Validasi desain; (5) Revisi desain; dan (6) Uji coba produk.
Hasil dari validasi ahli materi memperoleh persentase 100% dengan
kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase rata�rata 98,07% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi dengan dua praktisi
pendidikan memperoleh persentase rata-rata 98,75% dengan kriteria “Sangat
Baik”. Adapun hasil uji coba kelas 3 pada SDN Turirejo 1 memperoleh persentase
rata-rata 79,32% dengan kriteria “Baik” dan hasil uji coba kelas 3 pada SDN Raji
1 memperoleh persentase rata-rata 79,27% dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan
hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh penulis yaitu media
wayang kartun dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya guru lebih banyak menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran
sebagai sarana alternatif yang membantu peserta didik dalam memahami materi
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:43 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1159 |